Emir Qatar Syekh Hamad bin Khalifa al-Thani, Lengser.

Emir Qatar lengser
Emir Qatar Syekh Hamad bin Khalifa al-Thani. alarabiya.net

Emir Qatar Syekh Hamad bin Khalifa al-Thani hari ini menyatakan dirinya telah mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada putranya Syekh Tamim bin Hamad al-Thani, dan menjelaskan sudah waktunya bagi generasi baru untuk mengambil alih kekuasaan.

"Tuhan tahu saya tidak ingin kekuasaan di dalam diri saya dan saya tidak mencari kekuasaan itu untuk alasan pribadi," kata Hamid, dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi nasional Qatar, seperti dilansir kantor beritaReuters, Selasa (25/6).

Syekh Hamad juga tidak menyebut langsung Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri, Syekh Hamad bin Jassim al-Thani, yang secara luas juga diharapkan lengser. Dia menjadi Emir setelah menggulingkan ayahnya dalam sebuah kudeta tanpa pertumpahan darah pada 1995.

Para diplomat mengatakan emir 61 tahun itu sebetulnya telah lama merencanakan mundur dan mendukung putranya Syekh Tamim (33 tahun) naik takhta.

Meski Qatar adalah sebuah negara kecil dengan penduduk hanya dua juta jiwa, namun Qatar merupakan eksportir gas alam cair terbesar di dunia. Qatar juga menjadi salah satu pendukung keuangan dalam revolusi Arab.

Analis politik Qatar Muhammed al-Misfer mengatakan dia tidak mengharapkan perubahan besar dalam kebijakan luar negeri atau rencana domestik setelah penyerahan kekuasaan itu. Dia menjelaskan Syekh Tamim sudah terlibat dalam menjalankan negara di bawah perintah bapaknya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang masuk sangat kami hargai. Terimakasih.

Iklan Adsensecamp

Bisnis OnLine

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...