Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu
Untuk Kesehatan



Mengkudu ( Bancudus Latifolia Rumph) atau sering disebut pace (Jawa) atau cengkudu (Sunda) sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman ini sebelumnya kurang dilirik oleh orang dan dianggap seperti tumbuhan biasa saja. Tumbuhan ini hidup di daerah dataran rendah. Tinggi tanaman ini dapat mencapai ketinggian 3-8 meter. Bentuk buahnya bulat lonjong berwarna hijau dan ada berbintik-bintik. 

Nama lain dari tanaman mengkudu antara lain Wengkudu (Bali), Kodhuk (Madura), Nono (bahasa Tahiti), Ach (bahasa Hindi), Ungcoikan (bahasa Myanmar), Noni (bahasa Hawaii), dan Nonu (bahasa Tonga).

Manfaat buah mengkudu
Manfaat buah mengkudu ini sangat baik untuk pengobatan alami yang saat ini sering dikatakan sebagai pengobatan herbal. Bahkan kini buah mengkudu banyak diproduksi  menjadi kapsul. Berbagai ahli medis dari berbagai negara tidak mau ketinggalan didalam melakukan riset tentang manfaat buah mengkudu.

Pada tahun 1993, Lembaga Cancer Letter merilis jurnal  mengenai manfaat buah mengkudu. Dalam jurnal itu disebutkan bahwa beberapa peneliti Jepang dari The Institute of Biomedical Sciences dan Keio University telah melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Para peneliti ini menyimpulkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat anti kanker (damnacanthal).

Demikian juga Dr. Neil Solomon dari “Tahitian Noni Juice” tahun 2005 terhadap 27.000 responden dibantu oleh 1.500 dokter dan ahli medis mengatakan Dari semua hasil riset saya di John Hopskin, saya belum pernah menemukan satupun obat yang dapat melakukan apa yang dapat dilakukan oleh buah alami ini.”

Kandungan Zat Pada Buah Mengkudu :
  1. Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalm jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  2. Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  3. Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, sepertiPseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  4. Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  5. Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  6. Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat dari buah mengkudu yang terkenal pahit dan adakalanya baunya sangat tidak mengenakkan, yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian secara ilmiah :
  1. Mengkudu dapat menjadi zat pencegah kanker dan tumor.
  2. Mengkudu dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.
  3. Mengkudu bisa membantu mengurangi rasa sakit.
  4. Mengkudu dapat menjadi zat anti alergi dan anti radang.
  5. Mengkudu dapat membantu menormalkan tekanan darah.
  6. Mengkudu dapat membantu memperlancar siklus energi dalam tubuh.
  7. Mengkudu dapat menjadi anti bakteri.
  8. Mengkudu dapat membantu mengatur mood (siklus suasana hati).
-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang masuk sangat kami hargai. Terimakasih.

Iklan Adsensecamp

Bisnis OnLine

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...